Cara Mengatasi Lecet atau Ruam Popok Pada Kulit Bayi (Review Sudocrem)

photo by pixabay.com

Menjadi ibu bukanlah perkara yang mudah dan ringan. Apalagi jika Anda baru saja mendapatkan buah hati pertama. Butuh ketelatenan dan perhatian yang tinggi untuk merawat  bayi Anda. Beberapa masalah yang sering terjadi pada bayi yang baru lahir adalah lecet kemerahan atau ruam popok.
Hal ini terjadi karena kulit bayi yang cenderung sensitif . Masalah tersebut terlihat sepele tetapi jika dibiarkan bisa menjadi penyakit yang bisa mengganggu tumbuh kembang si bayi. 

Kulit lecet ini sering kita jumpai di daerah lipatan kulit bayi seperti, leher, ketiak, selangkangan atau lipatan tangan bayi. Tak jarang area lipatan tersebut banyak terdapat kotoran menggumpal seperti daki yang berwarna hitam atau putih. Bahkan terkadang menimbulkan bau tidak sedap. Untuk menjaga kebersihannya Anda harus rajin membersihkan daerah tersebut dengan kain yang lembut. 

Biasanya kulit bayi di area lipatan rentan bermasalah karena bagian tersebut lembab atau berkeringat. Anda sebaiknya memastikan untuk mengeringkan area lipatan-lipatan tersebut setelah bayi selesai dimandikan. Jangan biarkan area tersebut menjadi lahan subur berkembangnya bakteri dan jamur sehingga menimbulkan infeksi.

Untuk mengatasi lecet atau ruam popok pada kulit bayi, Anda bisa mengoleskan sudocrem atau krim anti septik sejenis. Beberapa dokter anak  merekomendasikan sudocrem karena sifatnya yang ringan dan aman untuk kulit bayi yang cenderung sensitif. Sudocrem ini juga bisa mengatasi bekas gigitan serangga, biang keringat, kulit pecah-pecah, eczema dan iritasi lainnya pada bayi.

Sudocrem mengandung benzul benzoat yang berguna untuk menyembuhkna iritasi. Selain itu krim ini juga mengandung zinc oxide yang berfungsi mengurangi hilangnya cairan dalam jaringan sel. Kandungan emoliennya juga bekerja menenangkan kulit yang sakit atau meradang.

Sudocrem adalah pilihan tepat untuk bayi Anda yang mengalami lecet atau ruam popok. Namun Anda juga perlu memperhatikan jika lecet kemerahan tak kunjung pulih dan semakin parah, sebaiknya Anda memeriksakan si kecil ke dokter anak terdekat. Terlebih lagi jika ada bau yang tidak sedap dan muncul warna kekuningan pada area lipatan tersebut. Bisa saja jika hal itu terus dibiarkan akan menyebabkan infeksi yang lebih parah.

0 Comments