Tips Memberikan Obat Pada Anak Ketika Sakit


photo by pixabay.com
Saat anak-anak sakit perhatian ekstra perlu diberikan kepada mereka. Banyak sekali kendala yang biasanya dijumpai saat merawat putra-putri  yang masih kecil ketika sedang sakit. Terutama sekali ketika ingin memberikan mereka obat. Tak sedikit dari para orangtua akan merasa kerepotan saat mencoba membujuk anak-anak untuk mau meminum obat.
Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membujuk si kecil meminum obatnya. Namun terkadang Anda perlu memilih cara yang tepat agar hasilnya maksimal. Berikut ini saya akan membantu Anda memberikan beberapa tips yang tepat dan mudah dilakukan agar anak-anak mau meminum obatnya ketika sakit..
1. Larutkan obat ke dalam larutan gula
Rasa obat yang pahit menjadi faktor utama penyebab anak-anak sulit meminum obat. Anda bisa melarutkan obat yang pahit ke dalam larutan gula. Usahakan agar anak tidak tahu jika larutan itu adalah obat. Hal ini dilakukan bila sebelumnya anak-anak tak mau meminum obat sama sekali dikarenakan rasanya yang pahit. Larutan gula ini aman jika dicampurkan bersama obat-obatan yang akan anak konsumsi.
2. Campurkan obat ke dalam makanan
Anda bisa mencampurkan obat ke dalam roti kesukaan anak. Namun untuk makanan tertentu Anda perlu berkonsultasi dengan dokter, apakah aman jika dicampurkan dengan obat milik si kecil. Contohnya saja pada madu yang tidak baik jika dicampurkan dengan obat.
3. Memberi ice krim
Anda bisa memberi anak-anak ice krim kesukaan mereka beberapa saat sebelum jadwal mereka meminum obat.  Anda juga bisa memberi makanan favorit anak-anak yang lain. Usahakan selalu memberitahu kepada si kecil tentang pentingnya meminum obat demi kesembuhannya sendiri. 

Selain itu, Anda bisa meminta dokter untuk memberikan resep obat yang manis dengan rasa buah atau rasa favorit anak-anak yang lainnya. Dengan rasa yang manis anak-anak tidak akan kesulitan untuk meminum obat.
Demikianlah tadi beberapa tips memberikan obat pada anak ketika mereka sakit.  Caranya sangat mudah dilakukan bukan. Anda juga bisa mencoba ide dan kreasi lainnya agar anak-anak mau meminum obat tanpa harus Anda paksa. 

Kegiatan meminum obat yang menyenangkan dan tanpa paksaan akan membuat anak-anak tidak membenci saat-saat meminum obat. Jangan lupa untuk selalu memberi pemahaman kepada anak, tentang pentingnya menjaga kesehatan dan meminum obat secara teratur ketika sedang sakit.

Referensi
1. Buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi Sejak Lahir Sampai Usia 5 Tahun, penulis dr.Dyah Pusmala Dj, SpA,M.Kes


0 Comments