5 Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam

Islam merupakan agama yang sempurna. Di dalamnya diajarkan berbagai ilmu yang mulia. Ilmu-ilmu yang mencakup masalah yang besar seperti pemerintahan, hukum hingga diajarkan segala hal kecil yang menyangkut kehidupan sehari-hari kita seperti tata cara buang air  Di dalam islam juga diajarkan  ilmu tentang kesehatan dan psikologi.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas ilmu psikologi islam yang menyangkut tentang terapi gangguan kejiwaan. Gangguan kejiwaan banyak sekali jenisnya. Salah satu yang banyak kita jumpai adalah gangguan kejiwaan berupa depresi atau sempitnya dada. Pada jaman moderen yang serba tinggi tingkat mobilitas dan persaingannnya, akan banyak memicu depresi. Tekanan hidup yang semakin banyak dan beribu masalah yang dihadapi kadang membuat jiwa tak mampu bersikap rileks.

Banyak cara yang dilakukan untuk mengobati depresi, dari pergi ke psikiater atau psikolog bahkan tak jarang pergi ke pengobatan alternatif yang tak syar'i. Sedangkan islam sebagai sebuah rahmat untuk setiap mahluk hidup juga telah mengajarkan kepada kita cara mengobati berbagai penyakit fisik maupun non fisik. Banyak ulama terdahulu yang telah menerapkan metode-metode penyembuhan yang berlandaskan Al Quran dan As Sunnah dan hasilnya begitu terasa dalam kehidupan mereka.

Untuk membantu para penderita mengatasi depresinya, berikut ini saya jabarkan 5 terapi gangguan kejiwaan berupa depresi yang saya rangkum dari kitab Al illaj Bir Ruqa minal Kitab was Sunnah karya beliau Syaikh Sai'd bin Ali bin Wahf Al Qohthoni.

  1. Hidayah dan Tauhid, cara terbaik untuk pengobatan depresi adalah dengan terapi hidayah dan tauhid. Sebagaimana  kesesatan dan kesyirikan yang merupakan sebab utama sempitnya dada, manusia memerlukan hidayah dan tauhid untuk menyembuhkan gangguan jiwanya.
  2. Cahaya keimanan yang benar, yang Allah berikan ke dalam hati seorang hamba bersama amalan sholih. Memiliki keimanan yang benar adalah terapi utama untuk setiap gangguan kejiwaan.
  3. Ilmu yang bermanfaat. Semakin luas ilmu agama seorang manusia semakin lapang dan luas pula dadanya.
  4. Bertaubat dan kembali kepada Allah, mencintainya sepenuh hati, dan fokus menghadap padanya, serta merasa nikmat dengan beribadah kepada-Nya.
  5. Senantiasa mengingat Allah dalam setiap keadaan dan disetiap tempat. Sebab dzikir memiliki pengaruh menakjubkan dalam membuat lapangnya dada.
Demikianlah tadi 5 cara mengatasi depresi menurut islam. Ada 28 cara terapi terbaik yang akan kita bahas di sini. Nantikan pembahasan selanjutnya di lain waktu. Semoga bermanfaat.

0 Comments