Motivasi Hidup : Tak Ada yang Sia-Sia


Jangan bersedih jika dirimu merasa tak berguna, merasa tak berdaya dan tak bisa melakukan apapun, karena tak ada yang sia-sia di dunia ini. Tuhan menciptakan segala sesuatu penuh dengan hikmah dan tujuan yang mulia. Semuanya diciptakan tidak sia-sia begitu saja, akan ada masanya sesuatu itu memang perlu dan diperlukan. Sesuatu yang orang lain anggap tak berguna dan tak berarti. Meskipun itu sampah yang busuk, kotoran yang kotor dan hanya pantas dibuang.
Jangan pernah bersedih jika orang lain memandangmu seperti sampah yang tak berguna, karena suatu saat nanti sampah itu akan menjadi penyadar bagi setiap jiwa bahwa menjaga kebersihan itu perlu, bahwa menjaga kesehatan itu penting. Bau busuk sampah akan menjadi tanda, bahwa manusia kadang terlalu egois dengan hidup mereka, sehingga mereka berbuat seenaknya saja dengan lingkungan sekitarnya. Sampah memang tak berguna, tapi ketika banjir tak kunjung berakhir semua mata akan menengokmu, ya menengok sebuah sampah yang tak berarti. Maka dari itu jangan pernah bersedih, karena Tuhan mempunyai tujuan khusus mengapa engkau diciptakan sebagai sampah. Suatu saat nanti sampah itu akan sangat berharga, paling tidak bagi para pemulung pecinta sampah sejati. Maka tersenyumlah, berbuat yang terbaik, paling tidak bagi orang-orang yang selalu mencintaimu, tak peduli kau itu sampah atau permata mereka akan selalu ada untukmu. Berbuat baiklah untuk mereka. Berbuat baiklah untuk Rabbmu, Rabbmu yang telah menciptakanmu dan begitu mengasihimu.
Sungguh tak ada yang diciptakan tak berguna di dunia ini, bahkan setiap hama pengganggu ia akan amat berguna bagi penjual pestisida dan pupuk. Semua diciptakan dengan hikmah, bahkan penciptaan setan dan iblis yang begitu jahat semua berguna bagi manusia. Ya sangat berguna, karena kita tak ‘kan pernah tahu, mana manusia yang benar-benar ikhlas menyembah Rabbnya atau manusia yang hanya berpura dalam ibadahnya. Kita tak ‘kan pernah tahu, mana manusia yang sabar tanpa batas atau manusia yang rapuh dan mudah mengeluh, serta menyerah begitu saja pada setan dan bala tentaranya. Sungguh semuanya diciptakan dengan hikmah, dan keberadaan mereka lebih baik dari ketiadaan mereka.
Maka kawanku, hapuslah air matamu jika manusia memandangmu tak berarti, karena ada masanya kau akan hidup penuh arti. Jika kau tak bisa melakukan apapun hari ini, mungkin kau bisa melakukan hal yang besar suatu hari nanti. Hal yang akan membantu orang-orang yang selalu memandang dirimu tak berarti. Karena Tuhan tak pernah menciptamu dengan sia-sia. Ya, kau terlahir tak sia-sia paling tidak bagi orang-orang yang selalu menghargaimu dan mengasihimu. Paling tidak bagi orang-orang yang mau melihat sedikit sisi baik dan lebihmu, bukan hanya sisi buruk dan kurangmu. Sehelai daun nan kering dan layu memang tak berguna, pantas untuk diinjak dan diabaikan, tapi akan ada suatu hari di mana daun itu memberi senyum bagi yang lain, angin akan tersenyum padanya karena ia bisa membawa sesuatu bersamanya. Maka jangan bersedih jika kau dipandang hina oleh orang lain, karena suatu saat akan ada seseorang yang akan tersenyum karenamu. Jangan bersedih sungguh jangan, namun ucapkan syukur pada Rabbmu, ya Rabbmu yang telah menciptakan dirimu begitu berarti hingga mampu memberi senyum dan kebahagiaan bagi seseorang. Cintailah dirimu dan banggalah akan dirimu, jangan pernah memandang rendah dan hina kepada dirimu sendiri. Karena jika kau melakukannya kau sama saja memandang hina dan rendah kepada penciptamu.
Photo by Quotes creator
Maka kawanku, hidupkanlah kebaikan dalam hidupmu demi mereka. Berbuat yang terbaiklah demi mereka, demi orang-orang yang selalu menunggu senyum dan kebaikan hatimu, bukan demi orang-orang yang selalu berpikiran buruk padamu dan menunggu tangis sedihmu. Berbuat baiklah demi Rabbmu.  Ya, Rabbmu yang dengan kasih sayangnya telah memberikanmu oksigen setiap hari secara cuma-cuma, sungguh tak ada yang lebih pengasih dari Rabb semesta alam. Rabbmu yang siap menampung dan menerimamu kembali ketika tak ada tangan manusia yang ingin memelukmu, ketika tak ada uluran tangan manusia yang mau menolongmu. Maka tersenyumlah dan berbuat baiklah selalu demi Rabbmu. Rabbmu yang akan selalu menolongmu, karena pertolongan-Nya tak terbatas sedang pertolongan manusia terbatas. Maka berbuat baiklah selalu pada Rabbmu, karena dia yang menyayangimu tanpa pamrih. Berbuat baiklah selalu dan perbaikilah dirimu untuk orang-orang yang menyayangimu dengan tulus dan untuk rahmat serta kasih sayang Rabbmu yang begitu luas.











0 Comments